-->

Kehadiran Penuh Makna, Anthonius Ayorbaba Kunjungi Lapas Kelas IIB Wamena

Kehadiran Penuh Makna, Anthonius Ayorbaba Kunjungi Lapas Kelas IIB Wamena

JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Papua, Bapak Anthonius Mathius Ayorbaba, S.H., M.Si, mengunjungi Lapas Kelas IIB Wamena untuk bertemu dengan warga binaan pada Sabtu, 11 Mei 2024.
Dalam pertemuan yang penuh makna ini, Ayorbaba memberikan penguatan dan motivasi kepada warga binaan untuk mengembangkan keterampilan dan kemandirian.

"Saudara-saudara, tembok ini hanya membatasi kita dengan masa hukuman yang kita jalani, namun tembok ini tidak bisa membatasi kreativitas kita untuk terus berkembang dalam berinovasi dan membuat karya," ungkap dia.

Selain memberikan motivasi, Kakanwil juga berusaha mendekatkan diri dengan warga binaan untuk menciptakan keharmonisan dalam komunikasi. Tebrikti dengan beberapa kesempatan di mana warga binaan dapat secara bebas berkomunikasi dengan pejabat tertinggi di Kantor Wilayah Kemenkumham Papua.

Salah satu warga binaan, yang hanya disebut sebagai "GB", menyampaikan pengalamannya selama menjalani masa pidananya di Lapas Kelas IIB Wamena.

"Saya masuk di Lapas ini karena saya merasa bertanggung jawab terhadap masyarakat saya. Mereka yang membuat masalah ada 200 orang, tapi karena mereka memilih saya sebagai kepala suku, saya merasa bertanggung jawab. Makanya saya bilang kepada polisi, tangkap saya saja jangan 200 masyarakat saya," ujar GB.

Setelah memberikan penguatan, Ayorbaba memberikan kesempatan kepada warga binaan untuk menyampaikan pendapat, saran, dan masukan kepada Lapas Kelas IIB Wamena atau kepada Kantor Wilayah. Salah satu keluhan yang disampaikan adalah terkait fasilitas di dalam lapas, seperti kebutuhan akan televisi dan tempat sampah.

Menyikapi semua kendala atau kekurangan yang disampaikan warga binaan, Bapak Anthonius menyatakan bahwa pihaknya akan segera menindaklanjuti kepada pihak yang berwenang, sehingga warga binaan tidak perlu khawatir. Kegiatan ditutup dengan doa bersama untuk selalu menjaga Lapas Wamena sebagai rumah pembinaan bagi warga binaan.

Kunjungan ini juga diikuti dengan kegiatan pengukuhan Dharma Wanita Kanwil Kemenkumham Papua, serta menikmati panorama Lembah Baliem sebagai bagian dari kegiatan yang dilakukan. Demikian laporan disampaikan untuk mendapatkan petunjuk dan arahan selanjutnya. (Humas Kemenkumham Papua)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel