-->

BUPATI TOLITOLI MINTA PROGRAM READSI DAPAT WUJUDKAN KEDAULATAN PANGAN DAN MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PETANI

Ini adalah berita terbaru dan menarik dengan judul BUPATI TOLITOLI MINTA PROGRAM READSI DAPAT WUJUDKAN KEDAULATAN PANGAN DAN MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PETANI. Silahkan baca dan menyimak artikelnya.
Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Tolitoli menyelenggarakan kegiatan Start up Program Rural Empowerment and AgriculTural Development Scalling-Up Initiative (Read-Si) Kabupaten Tolitoli yang dibuka oleh Bupati Tolitoli diwakili Sekretaris Daerah, Drs Hi Mukaddis Syamsuddin MSi, di Aula Hotel Bumi Harapan Tolitoli, (senin, 15/4). Kegiatan Readsi ini program merupakan pengembangan Program Read yang telah dilaksanakan selama enam tahun di lima Kabupaten di Propinsi Sulawesi Tengah dan Program Replikas yang telah dilaksanakan selama tiga tahun di empat Kabupaten perbatasan di Propinsi Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Sedangkan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini menurut Arsyad Hi Syamsuddin adalah untuk mempertajam pemahaman pelaksanaan program Readsi Tahun 2019 dengan Jumlah peserta sebanyak 50 orang yang terdiri dari Steering Committee dari perangkat daerah dan pengelola kegiatan (Officer).
Bupati Tolitoli, Hi Moh Saleh Bantilan SH MH, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah, Drs Hi Mukaddis Syamsuddin MSi, mengatakan program Readsi merupakan salah satu bagian dari program Kementrian Pertanian yang mendukung terwujudnya Visi Pembangunan Pertanian yaitu tercapainya kedaulatan pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani serta mendukung suksesnya program regenerasi petani. Program Readsi berorentasi kepada pemberdayaan tani program akan fokus pada penguatan kelembagaan Tani yang mengarah kepada kelembagaan ekonomi dalam bentuk korporasi. Penguatan ini dapat ditempuh melalui kerjasama dengan beberapa Bank di bidang permodalan tetapi juga Asuransi Jasindo, demi untuk meningkatkan efektifitas pelaksanaan pendampingan masyarakat ditingkat desa dan kecamatan. Fasilitator Desa diutamakan penyuluh pertanian swadaya yang berasal dari lokasi atau desa setempat, serta didukung oleh penyuluh pada daerah tersebut.
Selain itu jelas Bupati, salah satu upaya Pemerintah Daerah adalah dengan pelaksanaannya Start Up Program Read-Si Kabupaten Tolitoli yang dilandasi dengan semangat dalam mewujudkan kedaulatan pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani agar bisa memperkuat kelembagaan petani dan menumbuhkan regenerasi petani.
Kegiatan start up Kabupaten Rural Empowerment And Agricultural Development Scallinf Initiative (Read-Si) dihadiri oleh pimpinan Perangkat Daerah terkait di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli, Panitia Penyelenggara dan para peserta.
Reporter : A S R I A T I
Foto : REZI SANDJAYA, SE

Terima kasih karena telah membaca informasi tentang BUPATI TOLITOLI MINTA PROGRAM READSI DAPAT WUJUDKAN KEDAULATAN PANGAN DAN MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PETANI . Silahkan membaca berita lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel