-->

Pemprov Papua Tingkatkan Perijinan Satu Pintu

Pemprov Papua Tingkatkan Perijinan Satu Pintu

JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Dalam rangka meningkatkan performance layanan perijinan di Provinsi Papua, Penjabat Gubernur Papua didampingi Penjabat Sekda dan Instansi teknis terkait melihat langsung pelayanan Perijinan di Kantor Dinas Energi, Sumber Daya Mineral, Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (ESDM, PM & PTSP). (6/6)Penjabat Gubenur Papua DR. M. RIDWAN RUMASUKUN, SE, MM  saat melakukan kunjungannya bertemu langsung dengan Petugas Fornt Desk Layanan menanyakan prosedur beberapa pelayanan perijinan serta standar operasional yang dilakukan mulai dari Front Desk sampai pada Proses penetapan perijinan yang dilakukan sepenuhnya menggunakan Sistem Aplikasi Perijinan Online Single Submission (OSS) merupakan pelaksanaan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja. 
Dalam pelaksanaannya memang ada beberapa kendala salah stunya ketersediaan akses internet yang belum begitu maksimal dan belum optimalnya Tim teknis perijinan yang ada,  karena adanya perubahan nomenklatur SKPD. Ridwan langsung menginstruksikan SKPD terkait untuk memberikan dukungan penuh  kepada layanan perijinan, karena layanan Perijinan adalah salah satu bagian yang mendapatkan perhatian pada pencegahan korupsi oleh KPK-RI  melalui Monitoring Center for Prevention (MCP) dan juga merupakan pintu masuk bagi Pendapatan Asli Daerah dari semua produk perijinan yang dikeluarkan.
Pada Kesempatan yang sama Penjabat Sekretaris Daerah Papua Y. Derek Hegemur, SH , MH, juga memberikan arahan agar Standar dan Prosedur terkait Perijinan diletakan pada poisisi yang dapat dilihat oleh Publik / Pelaku Usaha jangan di ruangan Bidang Teknis,  serta masif disosialisasikan. Penjabat Sekda juga menginstruksikan kepada Pimpinan ESDM, PM & PTSP agar secara cepat menyesuaikan dengan segala perubahan regulasi yang ada, termasuk dengan adanya pemberlakuan PERDASI  18 Tahun 2023 terkait Perangkat Daerah di Provinsi Papua.

Kepala Dinas KOMINFO Papua, saat diintruksikan oleh Penjabat Gubenur Papua untuk memberikan dukungan perbaikan / percepatan akses internet pada layanan perijinan, siap melaksanakan, bersama Tim Teknis dan akan segara melakukan re-instalasi jaringan akses Internet  di kantor ESDM, PM & PTSP dengan menambah beberapa akses point dari front desk sampai di backend, Jeri mejelaskan  akses internet di PTSP, memanfaat jalur Private Backbond Fiber Optik Layanan Astinet Dedicate Cir 1:1, bekerja sama dengan PT. Telkom Indonesia  dari Kantor Dinas Kominfo yang langsung terkoneksi ke beberapa perkantoran dan Bank Papua. (Kominfo Papua)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel