-->

Pasca Pertikaian, Achmad Fauzan Hadiri Prosesi Adat Pelepasan Busur Pana di Distrik Kai


KARUBAGA, LELEMUKU.COM - Pasca Pertikaian antar masyarakat di Distrik Kai yang mengakibatkan 21 orang menjadi korban kini telah dilakukan prosesi adat pelepasan busur panah yang di saksikan langsung oleh Kapolres Tolikara Kompol Achmad Fauzan.,S.Ag beserta Jajaran dan Brimob Gegana BKO Tolikara,  Selasa (21/03).

Hadir dalam giat tersebut Wakapolres AKP Dallon Togatorop, Kabag Ops AKP La Ambo., S.H, M.H, Danpos Brimob BKO Gegana Iptu Suriadin, S.H, M.H, Kasat Binmas Ipda Agustinus Kubia, S.E beserta Kepala Distrik Kai Mendarmin Weya, S.IP, Kepala Distrik Karubaga Esap Bogum., S.IP.

Pada kesempatannya Kapolres Tolikara Kompol Achmad Fauzan., S.Ag memperkenalkan diri kepada masyarakat Distrik Kai sebagai penjabat Kapolres Tolikara yang baru yang telah dilantik oleh Kapolda Papua pada tanggal 14 Maret tahun 2023 kemarin.

Pada Prosesi adat tersebut juga Kapolres Kompol Achmad Fauzan.,S.Ag juga memberikan apresiasi kepada masyarakat yang sudah melaksanakan acara prosesi Adat pelepasan busur panah saat ini.

“Hal ini merupakan suatu hal yang baik dalam lingkungan masyarakat, karena ini merupakan bentuk simbolis bahwa telah dilakukannya perdamaian pasca terjadinya pertikaian yang terjadi pada bulan Desember tahun 2022 lalu,” kata Kapolres.

Dirinya menjelaskan bahwa kami dari pihak keamanan mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Distrik Kai yang mana sudah menjaga Keamanan serta telah menyambut kami dengan baik dan membuat acara ini berjalan dengan aman. Kami berharap dengan adanya prosesi adat ini tidak ada lagi permasalahan ditengah masyarakat Distrik Kai, semua sudah selesai dengan adat istiadat.

Kepala Distrik Kai Mendarmin Weya, S.IP, mengucapkan terima kasih atas kehadiran bapak Kapolres dan anggota dalam acara prosesi pelepasan busur panah dan pemberian Noken/babi kepada keluarga kami sendiri yang mengalami luka-luka pada saat konflik kemarin, dengan dilaksanakan prosesi adat ini masalah pertikaian yang terjadi pada bulan desember lalu kami anggap telah selesai.

Prosesi Pelepasan acara busur panah ditutup dengan penyerahan ternak babi sebanyak 133 Ekor dan Noken sebanyak 243 Buah untuk digunakan secara bersama – sama dalam acara syukuran yang akan dilaksanakan pada besok harinya.(HumasPoldaPapua)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel