-->

Letusan Gunung Berapi Hunga Tonga-Hunga Haapai Picu Tsunami di Tonga

Letusan Gunung Berapi Hunga Tonga-Hunga Haapai Picu Tsunami di Tonga.lelemuku.com.jpg
NUKUALOFA, LELEMUKU.COM - Negara Tonga dilanda tsunami pada Sabtu 15 Januari 2022 setelah gunung api bawah laut meletus sehari sebelumnya.

Layanan Meteorologi Tonga mengatakan peringatan diberlakukan untuk seluruh pulau, dan penduduk berlomba mengungsi dalam kegelapan total saat air laut melonjak ke daratan.

"Ledakan gunung berapi baru saja terjadi dan orang-orang telah mengungsi ke tempat yang lebih tinggi sekarang dari kemungkinan gelombang tsunami. Kini hujan abu menutupi pulau Tongatapu," tulis warga yang menjadi saksi.

Sementara warga lain mencuit pasca-letusan gunung berapi Hunga Tonga-Hunga Haapai. "Hujan abu dan kerikil kecil, kegelapan menyelimuti langit," tulis Dr Faka'iloatonga Taumoefolau di Twitter.

Sebuah video mengerikan yang difilmkan dari atap menunjukkan gelombang besar dari tsunami membanjiri daratan.

"Kami tinggal di Kolomotu'a dekat laut jadi kami sudah pergi dan kami berada di mobil menuju keluar tetapi lalu lintas terhenti di setiap jalan. Mohon doakan kami keselamatan keluarga kami."

Peringatan tsunami kedua terjadi setelah letusan Hunga Tonga-Hunga Haapai, sebuah gunung berapi bawah laut, pada Jumat lalu. Letusan ini menyebabkan hembusan awan panas ke udara hingga 17 kilometer. Hujan abu juga menyirami Nukualofa, ibu kota Tonga.

Ada laporan sirene berdering di Nukualofa dan polisi Tonga meminta warga untuk pindah ke tempat yang lebih tinggi. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel