-->

PEMKAB APRESIASI SOFT OPENING MC EDUPARK SEBAGAI DAYA TARIK WISATA BARU DI KABUPATEN BLORA

Ini adalah berita terbaru dan menarik dengan judul PEMKAB APRESIASI SOFT OPENING MC EDUPARK SEBAGAI DAYA TARIK WISATA BARU DI KABUPATEN BLORA. Silahkan baca dan menyimak artikelnya.
Mewakili Bupati Djoko Nugroho, Sekda Komang Gede Irawadi SE, M.Si memberikan apresiasi terhadap soft opening Migas Cepu Edupark yang digagas PPSDM Migas Cepu, Minggu (31/3/2019) kemarin. (foto: humas)
BLORA. Pemerintah Kabupaten Blora melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Komang Gede Irawadi, SE, M.Si mengapresiasi adanya soft opening Migas Cepu (ME) Edupark yang digagas Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Migas di komplek lapangan golf Nglajo, Kecamatan Cepu sebagai daya tarik wisata baru.

Sekda Komang Gede Irawadi, SE, M.Si yang hadir mewakili Bupati Djoko Nugroho dalam acara soft opening, Minggu (31/3/2019) kemarin merasa senang dan bangga karena aset PPSDM Migas yang dulunya tidak terawat kini telah menjadi kawasan daya tariki wisata baru untuk masyarakat umum.

“Mewakili Bapak Bupati, kami merasa bersyukur sekaligus berterimakasih kepada PPSDM Migas dengan diresmikannya MC Edupark. Ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang patut dikunjungi oleh masyarakat karena lokasi ini memberikan hiburan sekaligus pengetahuan tentang sejarah migas Indonesia,” ucap Sekda.

Menurut Sekda, dengan adanya soft opening ini, Pemkab siap untuk membantu mempromosikan MC Edupark ini sebagai destinasi wisata baru di Kabupaten Blora bersama OPD terkait.

Soft opening ME Edupark PPSDM Migas di kawasan Nglajo, Kecamatan Cepu. (foto: humas)
“PPSDM Migas punya peran besar untuk ikut membangun Kabupaten Blora. Setelah kemarin melakukan revitalisasi Rumah Sakit Migas sekarang melaksanakan soft opening MC Edupark. Ini sebagai bukti bahwa PPSDM Migas sangat peduli dengan Blora. Terimakasih PPSDM Migas,” lanjut Sekda.

Masih menurut Sekda, Blora yang secara geografis memiliki wilayah separuh hutan dan produksi migas masih sangat minim wahana wisata edukasi. Pemerintah Kabupaten Blora sekarang sedang fokus pengembangan wahana wisata dimana dalam hal ini menggandeng pihak terkait seperti Perhutani dan Pertamina.

“Kita ketahui bahwa Kabupaten Blora adalah daerah penghasil migas yang wilayahnya mayoritas adalah hutan, masih sangat minim wahana wisata edukasi untuk anak anak kita. Ditakutkan kedepan apabila tidak ada wisata yang bersifat edukasi seperti ini nantinya anak anak kita tidak paham apa itu migas, oleh karena itu sekali lagi beliau (Bupati) mengucapkan terima kasih atas adanya MC Edupark ini,” ujar Sekda.

Dengan rencana pembangunan Bandara Ngloram yang pada tahun ini masuk tahap pembebasan lahan dan direncanakan tahun 2021 telah dapat beroperasi. Diharapkan perkembangan wisata di Kabupaten Blora dapat berkembang pesat.

Sementara itu, Kepala PPSDM Migas,Wakhid Hasyim menyampaikan bahwa, soft opening ini adalah bagian dari optimalisasi asset dan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang kegiatan kemigasan. PPSDM Migas mengembangkan sarana edukasi berupa MC Edupark.

“Diharapkan menjadi pusat pendidikan (education centre) sehingga masyarakat luas dapat memperoleh pengetahuan yang tepat terkait kegiatan migas, mulai dari sejarah migas, peralatan dan proses kerja kegiatan migas,” kata Wakhid Hasyim.

Wahana kolam renang danwater boom menjadi salah satu daya tarik Migas Cepu Edupark. (foto: humas)
Menurutnya untuk mendukung kegiatan tersebut, MC Edupark dilengkapi dengan sarana dan fasilitas permainan. Untuk menarik minat masyarakat terutama siswa-siswa sekolah. Diantaranya, gedung wismo suko yang berisi foto-foto sejarah industri migas dan resto, 3D Art peralatan industri migas. Kemudian diorama proses migas hulu sampai dengan hilir. Lalu sarana olahraga, berupa lapangan tenis, kolam renang, waterboom, serta sarana permaian lain.

“Setelah soft opening ini, akan kami tingkatan kembangkan lagi sesuai konidisi yang ada,” lanjutnya.

Migas Cepu Edupark ini, kata dia, dapat menjadikan PPSDM Migas lebih bermanfaat bagi masyarakat, terutama bidang pendidikan.

Turut hadir dalam soft apening MC Edupark tersebut, Sekretaris Jendral (Sekjen) Kementerian ESDM Ego Syahrial, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) IGN Wiratmaja Puja, Pertamina EP Asset 4, SKK Migas, Forkopimcam Cepu, serta tokoh masyarakat.

Sedangkan soft opening MC Eduparknya ditandai dengan pemotongan pita yang dilakukan oleh Sekjen Kementerian ESDM Ego Syahrial, Kepala PPSDM Migas Wakhid Hasyim, dan Kepala BPSDM IGN Wiaratmaja Puja. Lalu dilanjutkan penandatanganan prasasti oleh Sekjen Kementerian ESDM Ego Syahrial.

Usai soft opening, masyarakat umum dipersilahkan menyaksikan dan menikmati semua fasilitas yang ada. Paling ramai adalah kolam renang karena banyak keluarga yang menghabiskan akhir pekannya untuk berenang di kawasan MC Edupark ini. (Tim Berita Humas Protokol Setda Blora)

Terima kasih karena telah membaca informasi tentang PEMKAB APRESIASI SOFT OPENING MC EDUPARK SEBAGAI DAYA TARIK WISATA BARU DI KABUPATEN BLORA . Silahkan membaca berita lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel