-->

Hak Untuk Pulih Dari Kecanduan Adalah Pemenuhan Hak Kesehatan Semua Orang



TANGERANG SELATAN, LELEMUKU.COM - Drug Policy Reform (DPR) adalah jaringan kerja masyarakat sipil yang fokus pada isu kebijakan narkoba dan kesehatan publik. Bersama organisasi masyarakat lainnya di Tangerang raya, Jakarta dan juga Bogor, DPR menginisiasi kampanye edukasi masyarakat berisi pesan tentang hak untuk pulih dari kecanduan narkoba adalah pemenuhan hak kesehatan sebagaimana termaktub pada UU 35 Thn. 2009 tentang narkotika bab XI mengenai pengobatan dan rehabilitasi.

Melalui kegiatan ini masyarakat secara bersama -sama menyatakan dengan tegas bahwa, Penjara bukan Solusi, maka dukung pemulihan orang orang yang kecanduan bukan hanya dipenjarakan acara yang di gelar di Taman Perdamaian JI. Komunitas 850 City -Tangerang Selatan pada Sabtu, 29 September 2018.


Akibat keputsan memenjarakan terdakwa  kejahatan narkoba yang dilakukan tanpa menggunakan asessment terpadu sebagai instrumen yang sah sesuai hukum yang berlaku,  penjara menjadi penuh dan desak yang di isi oleh tahanan narkoba,ujarnya.

Serangkaian kesengsaraan yang muncul akibat pendekatan pemenjaraan, telah mengakibatkan kerugian social ekonomi yang besar bagi masyarakat di Tangerang Raya. Sebut saja mulai dari tersingkirkannya hak alas kesehatan, pendidikan, status sosial hingga rusaknya rumah tangga dan rusaknya hak anak akibat kehilangan kasih sayang dari orang tua yang dipenjara.terang Iman Perman

Kondisi terpuruknya kesehatan masyarakat tersebut diperparah dengan terbatasnya Iayanan rehabilitasi medis maupun rehabilitasi sosial narkoba yang beIum memadai, serta terjadinya pengabaian terhadap proses asesemen terpadu yang menjadi bagian penentu apakah seseorang terdakwa pelaku kejahatan narkoba perlu dipenjara atau harus mendapatkan rehabilitasi.

"Kampanye edukasi publik ini dikemas dalam penampilan musik band underground maupun semi- mainstream, informasi melalui baoth-booth komunitas,edukasi dengan dialog publik, penyampaian pesan melalui pameran seni kreatif komunitas dan juga pemeriksaan test HIV sukareta yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan kota Tangerang selatan" terang pemuda yang akrab di panggil Mengki oleh anak anak penggiat HIV

Penggunaan Ruang publik sebagai media berkumpul masyarakat yang hidup bersinggungan dengan narkotika serta terancam dan atau terkena oleh dampak buruk peredaran gelap yang tidak penah selesai menjadi Iangkah revolusi mental mendasar bagi perbaikan taraf kehidupan bersama

"Ketika kami lakukan kunjungan kerutan jambe didapatkan data semester pertama tahun 2018 warga binaan pemesyarakatan (WBP) 297 perkara diputuskan dua lemvlbaga rehbilitasi yang menjalankan program rata rata setahun menerima klien terpi kurang lebih 15 warga, Tangerang selatan tiap   rehbilitasnya melayani proyeksi Estimasi mengejutkan. Mendapatkan angka kemampuan rehabilitas 30 Kasus dari 988 yang artinya hanya di Bawah 4 presen" jelasnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel