-->

HUT TNI KE-73, Presiden Jokowi Puji Kinerja Tentara Tangani Bencana Alam


Presiden Joko Widodo memeriksa pasukan ketika menjadi Inspektur Upacara HUT ke-73 TNI di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Jumat (5/10). (Istimewa) 

MEDIA NASIONAL OBOR KEADILAN | JAKARTA |  Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan apresiasi terhadap kinerja Tentara Nasional Indonesia (TNI), terutama dalam penanganan bencana alam di Indonesia, dalam peringatan Hari Ulang Tahun TNI atau HUT TNI ke-73. Menurut dia, bakti TNI yang selalu menjadi yang pertama dan terdepan dalam hal tersebut sungguh membanggakan.

"Atas nama rakyat, bangsa, dan negara, saya menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran TNI yang telah dengan cepat, dengan sigap, dengan tulus hati membantu korban bencana," kata dia dalam peringatan HUT TNI ke-73 di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Jumat, 5 Oktober 2018.
Jokowi menuturkan, TNI tak hanya mengerahkan personel, tapi juga alutsista untuk membantu penanganan bencana. 

Termasuk dalam menangani dampak gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah baru-baru ini.
Bersama Polri, TNI disebut selalu terdepan menyelematkan dan mengevakuasi korban. Tentara juga memegang peran sentral dalam memberikan layanan kesehatan dan rekonstruksi pasca bencana. Selain itu, Jokowi mengatakan kehadiran aparat selalu memberi rasa aman kepada masyarakat yang dilanda bencana.

Jokowi menilai tindakan penanganan bencana yang dilakukan TNI merupakan salah satu wujud profesionalisme tentara. Dia mengingatkan para anggota TNI mengenai pesan Jenderal Soedirman tentang jati diri TNI yang loyal untuk kepentingan bangsa dan negara.

"Saya juga selalu menegaskan TNI adalah milik nasional yang berada di atas semua golongan yang tidak terkotak-otak oleh kepentingan politik yang sempit, yang selalu menjamin netralitas politik di era demokrasi seperti sekarang, yang selalu menjamin keutuhan nilai nasional, dan membangun persatuan dan solidaritas antaranak bangsa," ujar Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga mengajak berdoa bersama agar para korban bencana yang meninggal mendapatkan tempat di sisi Tuhan yang maha kuasa. Bagi korban selamat, Jokowi berharap luka mereka dapat segera disembuhkan.()

Editor : Redaktur
Penanggung Jawab Berita : Obor Panjaitan


Terima kasih karena telah membaca informasi tentang HUT TNI KE-73, Presiden Jokowi Puji Kinerja Tentara Tangani Bencana Alam . Silahkan membaca berita lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel