-->

YPM Gandeng Unicef Dukung Dinkes Kota Ambon Kampanyekan Imunisasi Campak Dan MR

Ambon,mollucatimes.com-Dalam rangka mendukung pelaksanaan Kampanye Imunisasi Campak dan Rubella, Yayasan Pelangi Maluku beserta Unicef membantu Dinas Kesehatan Kota Ambon melakukan rangkaian kegiatan, salah satunya adalah penyelenggaraan workshop Diseminasi Imunisasi Rutin, Campak dan Rubella Bagi Kader Kesehatan di Kota Ambon.

Demikian dingkapkan Ketua Yayasan Pelangi Maluku (YPM), Rosa Pentury, Sabtu 25/08/18.

"Dalam bulan Agustus hingga Sepetember 2018 ini YPM bersama Unicef mendukung Dinas Kesehatan Kota Ambon melaksanakan berbagai kegiatan dalam pelaksanaan Kampanye Imunisasi Campak dan Rubella terutama  bagi komunitas marginal yang meliputi anak di panti asuhan, anak-anak jalanan serta gelandangan," beber Pentury.

Diakui kegiatan yang telah dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 2018 lalu, sangat memberikan dampak bagi petugas kesehatan yang mengikuti workshop dimaksud.

"Worshop tersebut menjadi media sosialisasi  program Imunisasi Campak dan Measles Rubella (MR). Pemerintah akan memasukkan vaksin MR kedalam program imuniasi rutin  sehingga anak-anak dan ibu hamil di Indonesia dapat terlindungi dari bahaya penyakit Rubella," jelasnya.

Menurutnya, dari Dinas Kesehatan Kota Ambon yang diwakili oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian  Penyakit (P2P), dr. Sioly Soenpit menekankan pentingnya imunisasi  selain melindungi anak juga masyarakat sekitarnya.

"Bila cakupan imuniasi  lebih besar dari 95%, maka bayi-bayi yang belum cukup usia untuk diimunisasi, para orang lanjut usia serta orang-orang yang tidak dapat diimunisasi karena penyakit tertentu  dapat terlindungi dari penyakit melalui kekebalan  kelompok (herd immunity) yang terbentuk. Namun bila cakupan imunisasi kurang dari 95% maka potensi kejadian luar biasa (KLB) atau wabah sangat mungkin terjadi," jelas Pentury mengutip Soenpit.

Masih lanjutnya, sangat disayangkan cakupan  imunisasi rutin di Kota Ambon  masih belum banyak yang memenuhi target.

"Sebab itu, peran kader kesehatan sangat penting dalam memberikan informasi yang benar  seputar imunisasi serta mengajak orang tua untuk mengimunisasikan anaknya," tutupnya.
(MT-01)


Terima kasih karena telah membaca informasi tentang YPM Gandeng Unicef Dukung Dinkes Kota Ambon Kampanyekan Imunisasi Campak Dan MR . Silahkan membaca berita lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel