-->

Elviana : Kader Kesehatan Penting Tahu Diseminasi Imunisasi Rutin Campak Dan MR

Ambon,mollucastimes.com-Dalam upaya memberikan pengetahuan kepada para kader kesehatan yang ada di Kota Ambon sehubungan dengan Diseminasi Imunisasi Rutin, Campak dan Measles Rubella (MR) Bagi Kader Kesehatan di Kota Ambon, perlu diapresiasi kegiatan workshop yang telah dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Ambon yang bekerjasama dengan Yayasan Pelangi Maluku (YPM) serta Unicef.

Hal ini diungkapkan Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku, dr. Elviana Pattiasina-Maitimu, Sabtu 25/08/18.

"Workshop ini sangat penting bagi para kader kesehatan bagaimana penanganan vaksinasi MR bagi masyarakat. Pasalnya MR merupakan hal baru sehingga perlu pengetahuan yang benar sehingga tidak salah dalam prosesnya di lapangan," aku wanita yang merupakan kader Partai Demokrat Provinsi Maluku ini.

Dikatakan, dalam kapasitas sebagai Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku yang diundang dalam kegiatan workshop tersebut, dirinya juga bisa mendengar berbagai keluhan yang disampaikan oleh para kader Kesehatan.

"Dalam penanganan vaksinasi MR, kader harus mengetahui prosedur pemberian vaksin, bagaimana ketersediaan vaksin, kemudian juga masalah teknis yang dihadapi di lapangan. Misalnya bagaimana jika warga yang datang untuk vaksin hanya 2 atau 3 orang sementara vaksin diperuntukkan bagi 10 orang apakah vaksin tersebut harus diberikan atau menunda hingga kuota 10 orang tercukupi. Ini merupakan hal kecil namun berdampak luar biasa terhadap kekebalan anak jika tidak segera divaksin dalam batas usia yang telah ditentukan. Sebab kalau vaksin diberikan di luar batas waktu usia anak, maka vaskin tersebut tidak lagi memiliki pengaruh terhadap kekebalan tubuh anak," papar Elviana yang berprofesi juga sebagai dokter ini.

Semua keluhan yang disampaikan oleh para kader menurutnya akan dibawa juga ke dalam komisi yang bermitra dengan Dinas Kesehatan sehingga dapat dicari jalan keluar yang terbaik.

"Semua ini akan menjadi bahan evaluasi komisi bersama instansi mitra. Saya berharap, kegiatan seperti dapat memberikan manfaat besar bagi kader kesehatan sehingga mampu menangani serta menghandel semua yang terkait dengan vaksinasi MR di lapangan," tambahnya.

Elviana juga sempat memberikan kritikan kepada kader kesehatan yang tidak sempat mengikuti kegiatan tersebut.

"Kegiatan yang ditangani YPM ini sangat baik, gratis dan membawa dampak bagi para kader. Sangat disayangkan peserta yang hadir tidak banyak. Ini perlu koordinasi dengan pihak Puskesmas serta Dinas Kesehatan sehingga selanjutnya  ada respon positif dari para kader terkait kegiatan kesehatan yang digelar baik oleh YPM, Unicef maupun oleh stakeholder lainnya," bebernya. (MT-01)
Terima kasih karena telah membaca informasi tentang Elviana : Kader Kesehatan Penting Tahu Diseminasi Imunisasi Rutin Campak Dan MR . Silahkan membaca berita lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel