-->

BPPID PROVINSI SULTENG GELAR RAKORDA KELITBANGAN DI TOLITOLI

Ini adalah berita terbaru dan menarik dengan judul BPPID PROVINSI SULTENG GELAR RAKORDA KELITBANGAN DI TOLITOLI. Silahkan baca dan menyimak artikelnya.

Badan Penelitian Pengembangan dan Inovasi Daerah (BPPID) Provinsi Sulawesi Tengah melaksanakan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Kelitbangan Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) Tahun 2019 di Meeting Room Hotel Mitra Utama, Jum'at sore (8/3).
Kegiatan yang berlangsung selama dua hari mulai tanggal 8-9 Maret 2019 tersebut mengusung tema "Penguatan Sistem Inovasi Berbasis Produk Unggulan Daerah Untuk Peningkatan Daya Saing".
Dalam laporannya Sekretaris Badan Penelitian Pengembangan dan Inovasi Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Irwan SPd MSi, menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakan Rakorda ini adalah untuk mengetahui bagaimana mengembangkan Klaster Inovasi berbasis Produk Unggulan Daerah (PUD) untuk peningkatan daya saing.
Tahun 2019 direncanakan akan dilaksanakan Kompetisi Inovasi yang akan diikuti oleh semua Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Sulawesi Tengah, sehingga melalui kompetensi ini dapat menggali ide-ide kreatif dan inovatif antar Pemerintah daerah (Pemda) se-Sulawesi Tengah, jelas Irwan.
Gubernur Sulawesi Tengah dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Hj Siti Norma Wardjanu SH MSi MH, menyampaikan, Rakorda diharapkan bisa menjembatani komunikasi dan koordinasi antara Pemerintah Pusat dan Daerah dalam melaksanakan program khususnya membangun sistem Kelitbangan yang inovatif menuju Sulteng yang berkualitas dan berdaya saing. Saat ini Pemerintah Pusat dan Daerah sedang menghadapi tantangan besar yaitu Revolusi Industri 4,0 yang harus dihadapi dengan optimisme yang tinggi. Oleh sebab itu, eksistensi kelembagaan Penelitian dan Pengembangan sangat diharapkan dapat menghadapi tantangan tersebut.
Gubernur berharap Rakorda ini melahirkan beberapa rumusan strategis, bagaimana mengembangkan model klaster inovasi berbasis produk unggulan daerah melalui fungsi kelitbangan seperti pendampingan, pembinaan, supervisi, koordinasi dan penguatan kapasitas sehingga dapat menunjang pembangunan untuk meningkatkan daya saing daerah. Selain itu, dapat memicu lahirnya penelitian dan kajian yang sifatnya aplikatif sesuai dengan komoditi unggulan yang dimiliki, sehingga dapat langsung diterapkan kepada masyarakat atau Usaha Kecil Menengah (UKM) melalui Perangkat Daerah atau Pemerintah Kabupaten/Kota.
Disisi lain Bupati Tolitoli yang diwakili Sekretaris Daerah, Drs Hi Mukaddis Syamsuddin MSi, menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh Pejabat dan peserta yang berasal dari berbagai daerah se-Sulteng. Ia juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Kabupaten Tolitoli selaku tuan rumah dalam penyelenggaraan kegiatan yang sangat penting ini. Sebagai upaya membangun sistem Kelitbangan yang inovatif menuju Sulawesi Tengah yang berkualitas dan berdaya saing, sehingga untuk mendukung hal tersebut, diperlukan kebijakan Pemerintah Daerah yang dilakukan secara akurat dan cermat dengan berdasarkan prinsip Good Governance.
Rakorda Kelitbangan BPPID Provinsi Sulteng ini dihadiri Kepala Sub Direktorat Kementerian Strategis dan Wahana Inovasi, Eka Chandra SPi MSi, Kepala BPPID Provinsi Sulteng, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kabupaten Tolitoli, para Kepala Balitbang Kabupaten/Kota se-Sulteng, serta para Pejabat Eselon III dan IV Lingkup BPPID Provinsi Sulawesi Tengah.


Reporter: ISTIQAMAH, S.Ksi
Foto      : F A I Z A L
Editor   : AULIA, S.IP

Terima kasih karena telah membaca informasi tentang BPPID PROVINSI SULTENG GELAR RAKORDA KELITBANGAN DI TOLITOLI . Silahkan membaca berita lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel