-->

Potret Kekinian Pemuda, DPD KNPI Gelar Dialog Refleksi 90 Tahun Sumpah Pemuda

Ini adalah berita terbaru dan menarik dengan judul Potret Kekinian Pemuda, DPD KNPI Gelar Dialog Refleksi 90 Tahun Sumpah Pemuda. Silahkan baca dan menyimak artikelnya.
Ambon,mollucastimes.com-Dalam rangka memotret kondisi kekinian pemuda serta arah kedepan guna menjawab tantangan zaman, DPD KNPI menggandeng DPC IMM, HIPMA DIPA, HMJ PHM IAIA FL2MI serta PMII  menggelar Dialog Refleksi 90 Tahun Sumpah Pemuda.

Demikian Ketua DPD KNPI Kota Ambon, Ahmad Ilham Sipahutar, ST, M.Si, Senin 29/10/18.

Dikatakan, dialog antar  organisasi pemuda  dengan tema "Mau Dibawa Kemana Arah Pemuda Indonesia" tersebut  menyepakati  bahwa pemuda yang ada di daerah seharusnya diberikan ruang untuk bergerak dan bersinergi dengan Pemerintah Daerah.

"Momentum 90 tahun Sumpah Pemuda harus dikritisi secara strategis. Pasalnya, apa yang dihasilkan dari Sumpah Pemuda hingga kini belum menyentuh kepentingan pemuda di daerah. Seharusnya organisasi pemuda seperti KNPI dan lainnya bersinergi dengan Pemerintah Daerah dalam upaya memperjuangkan kepentingan pemuda  melalui berbagai kegiatan. Namun pada kenyataannya, elemen pemuda di daerah tidak dilibatkan dalam kegiatan Pemerintah Daerah khususnya di Kota Ambon," tegasnya.

Di satu sisi, Ketua DPC IMM Kota Ambon, Yusmianto Wally mengatakan peran pemuda kedepan harus mandiri sebagai enterpreuner.

"Walaupun kemungkinan tidak dilibatkan dalam kegiatan Pemerintah Daerah, tetapi sesungguhnya peran pemuda harus terlihat mandiri. Kita harus mampu menjadi enterpreuner yang handal, bagaimana membuka cakrawala berpikir pemuda lainnya untuk tidak berharap menjadi Pegawai Negeri Sipil, tetapi sebaliknya mampu menyiapkan serta membuka lapangan kerja demi peningkatan kesejahteraaan," paparnya.

Diakuinya, potensi sumber daya alam yang besar ini harus terimplementasi secara nyata dalam karsa dan karya.

"Pemberdayaan ilmu yang dimiliki merupakan modal untuk mengelola sumber daya. Dan sebenarnya ini yang harus dilihat oleh Pemeritah Daerah untuk melibatkan pemuda sesuai dengan potensi masing-masing," imbuhnya.

Sementara itu Wakil Ketua Bidang Politik & Kajian Strategis DPD KNPI Kota Ambon, Hatta Karet  menyerukan persatuan pemuda di Kota Ambon.

"Sudah saatnya kita bersatu dalam persepsi guna memperjuangkan kepentingan pemuda. Karena itu, kami DPD KNPI Kota Ambon siap menjadi saluran bagi para pemuda. Bahkan lebih jauh siap mengawal serta menjalankan  kebijakan daerah  terkhusus menyangkut kepentingan pemuda," bebernya.

Sedangkan KorwilFL2MI Wilayah Maluku, Hamid Fakaubun mengetengahkan perjalanan  sejarah Sumpah Pemuda sejak 90 tahun lalu hanya memiliki satu cita-cita yaitu menyatukan pemuda Indonesia  dari berbagai latar belakang perbedaan untuk bersatu mempertahankan NKRI.

"Melalui momentum hari Sumpah Pemuda ini ,mari kita pupuk kembali nasionalisme, patriotisme, bersatu melepaskan ego berbagai kepentingan yang ada. Mari mengawal kepentingan Maluku demi kemakmuran masyarakat, demi NKRI, " harapnya. (MT-01)


Terima kasih karena telah membaca informasi tentang Potret Kekinian Pemuda, DPD KNPI Gelar Dialog Refleksi 90 Tahun Sumpah Pemuda . Silahkan membaca berita lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel