-->

Wawali Mengingatkan , Idul Adha sebagai Bukti Kerelaan untuk Berbagi


Ft. Wawali Suyitno


Mojokerto, Sekilasmedia. Com-Perayaan Idul Adha 1439 H tahun ini Wakil Wali kota Mojokerto Suyitno mengikuti sholat idul adha bersama masyarakat di Gelora A. Yani Mojokerto dengan didampingi istri sekaligus Wakil Ketua TP. PKK Ninis Suyitno, anggota Forkopimda dan Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Mojokerto, Rabu (22/8).


Dalam sambutannya, Suyitno mengingatkan masyarakat hendaknya menjadikan Idul Adha sebagai momen untuk instropeksi diri serta mengaplikasikan hikmah Idul Adha dalam kehidupan sehari-hari. "Karena manusia adalah makhluk kecil dan tak bisa berdaya kecuali karena kehendak Allah SWT," katanya.


Suyitno menyampaikan,  Idul adha merupakan hari raya yang sangat bersejarah dan sangat signifikan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan dalam kehidupan kaum muslim  “Dalam idul adha ada 2 peristiwa besar yang kita laksanakan, yaitu: peristiwa pertama dari seluruh penjuru dunia kaum muslimin melaksanakan rukun islam yang kelima yaitu melaksanakan ibadah haji ke tanah suci Mekah dan Pelaksanaan ibadah qurban," paparnya.


Selanjutnya Suyitno mengajak para jamaah sholat idul adha untuk mendoakan jamaah haji dari Kota Mojokerto “Kita doakan semoga jamaah haji Kota Mojokerto mendapat perlindungan Allah SWT, dapat melaksanakan rukun dan sunah haji, dalam keadaan sehat wal afiat, selamat dan dapat kembali ke tanah air, ke Kota Mojokerto tercinta dengan mendapat predikat haji atau hajjah yang mabrur atau mabruroh,” ucap Suyitno.


Sedangkan pelaksanaan penyembelihan hewan kurban, kata Suyitno, adalah selain untuk mengenang dan mencontoh ketaqwaan dan keimanan Nabi Ibrahim dan putranya Ismail dalam menghadapi cobaan dan ujian dari Allah juga bentuk kepekaan terhadap sesama muslim terutama bagi yang membutuhkan uluran tangan.


Sholat Idul Adha kali ini, H. Slamet Junaedi dari Pasuruan  menyampaikan dalam khutbahnya bahwa idul adha adalah saat untuk menyembelih sifat bakhil. “Pada idul adha orang yang mampu hendaknya jangan bersikap bakhil harus mau berbagi dengan orang lain dan janganlah mengambil hak orang lain demi untuk mencapai prestasi diri sendiri," kata Slamet.


Slamet menambahkan bahwa orang yang selamat dari sifat bakhil adalah orang yang berjaya.


Usai melaksanakan sholat idul adha acara dilanjutkan dengan penyerahan hewan kurban KORPRI di Lapangan Raden Wijaya Kecamatan Prajuritkulon, yang bertemakan "Dengan Semangat Idul Qurban, Kita Bersihkan Diri dari Penyakit Hati".


Hewan kurban sapi diserahkan secara simbolis oleh Sekdakot Harlistyati kepada panitia qurban. Selain itu penyerahan secara simbolis juga diberikan kepada YPAY Al Ikhlas Kota Mojokerto dari DPRD Kota Mojokerto.


Ketua Panitia qurban  Gaguk Tri Prasetyo menyampaikan, pada tahun ini panitia qurban telah mengumpulkan hewan kurban  8 ekor sapi dan 9 ekor kambing.  dari anggota KORPRI Kota Mojokerto.


Selanjutnya dijelaskan Gaguk bahwa 9 ekor kambing hidup akan disalurkan kepada yayasan panti asuhan, masjid/musholla dan lembaga sekolah utk dibagikan kepada mereka yang berhak menerimanya.  “1 ekor sapi disalurkan untuk khitanan massal YPAY Al Ikhlas Kota Mojokerto dan 7 ekor sapi akan disalurkan kepada penjaga kantor, petugas kebersihan, dan tenaga honorer di semua unit/sub unit KORPRI Kota Mojokerto serta untuk para dhuafa di wilayah Kota Mojokerto yang disalurkan melalui kelurahan se Kota Mojokerto," papar Gaguk.


Mewakili Wawali Suyitno, Sekdakot  Harlistyati menyampaikan, kurban bukanlah hanya semata-mata penyembelihan binatang pada waktu tertentu tetapi merupakan suatu lambang yang membuktikan adanya kerelaan berkurban dari apa yang dimiliki dan dicintai. “Saya berharap kurban bisa menjadi momentum yang dapat menggugah hati sanubari kita sekalian agar senantiasa dapat meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab sosial  serta dapat meningkatkan hubungan hamba dengan Alloh dan dapat mempererat hubungan antar sesama hamba,  hablumminalloh wa hablumminannas,” pungkas Harlis yang juga selaku Ketua Dewan Pengurus Korpri Kota Mojokerto. (wo)



Terima kasih karena telah membaca informasi tentang Wawali Mengingatkan , Idul Adha sebagai Bukti Kerelaan untuk Berbagi . Silahkan membaca berita lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel