-->

BBPOM Jayapura Komitmen Rangkul Pemda dan Lintas Sektor Jaga Keamanan Pangan

BBPOM Jayapura Komitmen Rangkul Pemda dan Lintas Sektor Jaga Keamanan Pangan

JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Jayapura melakukan sosialisasi menyamakan persepsi bersama pemerintah daerah maupun lintas sektor

Hal ini di sampaikan oleh Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Jayapura Hermanto saat menggelar advokasi penggalangan Komitmen Pemda dan lintas sektor dalam rangka program intervensi keamanan pangan,yang berlangsung di salah satu hotel Kota Jayapura, Rabu(20/3/24)

Ia menyebutkan, sebanyak 3 kegiatan intervensi keamanan pangan yang sangat penting menjadi perhatian BBPOM Jayapura mencakup program kegiatan gerakan keamanan desa, kemudian Jajanan anak sekolah dan pasar pangan berbasis komunitas di pasar-pasar.

Pasalnya, kata Hermanto, pihaknya masih menemukan adanya kasus-kasus yang terjadi di lingkungan masyarakat terkait penyalahgunaan bahan-bahan yang berbahaya yang dapat merugikan kesehatan masyarakat dan juga memang karena mungkin pemahaman yang belum belum begitu cukup.

“ya memang perlu dilakukan intervensi dengan memberdayakan komunitas-komunitas yang ada di locus intervensi,ini langkah awal yang dilakukan adalah memberikan sosialisasi sehingga ada komitmen bersama,”ucapnya

Lanjutnya, setelah ada komitmen bersama, maka sosialisasi untuk menyamakan persepsi juga akan diberikan kepada kader-kader Badan POM yang akan dibentuk,di desa, di sekolah maupun di pasar.

“ kader-kader ini yang akan melakukan sosialisasi dan pengawasan karena mereka lah yang paling dekat dengan komunitas masing-masing ada di desa, pasar dan sekolah.” jelasnya

Dia menambahkan para karir nantinya akan dilengkapi dengan Rapid Test Kit atau alat uji cepat, sehingga mempermudah untuk mengevaluasi dan memastikan produk yang diintervensi mengandung bahan berbahaya ataukah tidak.

“program intervensi lintas sektor keamanan pangan BBPOM Jayapura telah melakukan di kabupaten Sarmi,Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura,”pungkasnya

Sementara itu, Plt Asisten III Setda Kota Jayapura, Nur Bi Adji dalam sambutan Pj. Walikota Jayapura menyampaikan intervensi pangan ini untuk memastikan keamanan pangan yang di konsumsi masyarakat dengan berbagai produk yang beredar dengan kondisi aman.

“ kita harus pastikan produk beredar dengan aman karena tanpa kita sadari bersama bahwa peredaran obat dan makanan ilegal ini semakin marak, kita selalu waspada terhadap adanya peredaran obat dan makanan ilegal serta berbahaya bagi kesehatan,”tutupnya. (Laura Sobuber)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel