-->

SEKDA APRESIASI WORKSHOP FOTOGRAFI DAN VIDEOGRAFI BAGI OPD KABUPATEN BLORA

Ini adalah berita terbaru dan menarik dengan judul SEKDA APRESIASI WORKSHOP FOTOGRAFI DAN VIDEOGRAFI BAGI OPD KABUPATEN BLORA. Silahkan baca dan menyimak artikelnya.
Sekda Komang Gede Irawadi SE, M.Si mengapresiasi pelaksanaan Workshop Fotografi dan Videografi yang dilaksanakan Bagian Humas dan Protokol Setda Blora. (foto: humas)
BLORA. Pemerintah Kabupaten Blora melalui Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah (Setda) pada hari Kamis (18/4/2019) melaksanakan workshop fotografi dan videografi bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Blora. Bertempat di Ruang Pertemuan Setda, acara dibuka langsung oleh Sekda Komang Gede Irawadi, SE, M.Si didampingi Asisten Administrasi, dr. Henny Indriyanti, M.Kes. 

Sebelum acara dibuka secara resmi oleh Sekda, Kepala Bagian Humas dan Protokol, Hariyanto, SIP, M.Si melaporkan bahwa kegiatan workshop kali ini diikuti 40 orang dari OPD se Kabupaten Blora.

“Workshop ini merupakan salah satu bagian dari kegiatan peningkatan kompetensi sumber daya manusia penyelenggara kehumasan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Blora. Selama satu hari, seluruh peserta akan memperoleh pelatihan tentang fotografi dan videografi yang nantinya diharapkan bisa menunjang kegiatan kehumasan di masing-masing OPD,” terang Hariyanto, SIP, M.Si.

Menurutnya, workshop ini diberikan kepada OPD karena dokumentasi kegiatan dari sebuah institusi atau organisasi merupakan hal yang sangat penting. Terlebih saat ini hal tersebut sudah menjadi kebutuhan untuk selanjutnya dipublikasikan kepada masyarakat atau pihak luar.
Dengan adanya publikasi dari kegiatan yang telah didokumentasikan dapat meningkatkan citra positif intsitusi atau organisasi tersebut. Dokumentasi dapat pula digunakan sebagai bahan pelaporan dan bukti otentik atas sebuah kegiatan.

Sehingga setiap OPD harus bisa membuat dokumentasi kegiatan berbentuk foto dan video yang baik. Dalam membuat dokumentasi yang baik ini diperlukan pemahaman yang tepat atas kegiatan tersebut, sehingga momentum penting yang terjadi dapat tersampaikan secara utuh melalui gambar atau video. Oleh sebab itu kita perlu mengadakan workshop,” lanjut Hariyanto SIP, M.Si.

Adapun narasumber yang dihadirkan untuk memberikan materi pelatihan fotografi dan videografi didatangkan dari Yogyakarta dan Sidoarjo, Jawa Timur. Yakni Dwi Prasetyo Budi Santosa seorang fotografer profesional sekaligus kontributor foto majalah National Geographic, serta Mamuk Ismuntoro seorang fotografer profesional berbasis jurnalistik, sekaligus seorang videografer, Pendiri Komunitas Matanesia dan Photo Journey Series.

Para peserta workshop sedang sibuk menyimak dan mencatat materi pengarahan dari narasumber. (foto: humas)
Sekda Komang Gede Irawadi, SE, M.Si dalam sambutannya saat membuka workshop mengaku senang dan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Bagian Humas dan Protokol.

Saya apresiasi kegiatan workshop fotografi dan videografi ini. Jangan sampai peserta yang datang hanya sekedar ikut memenuhi undangan saja. Namun harus bisa memanfaatkan workshop ini dengan baik agar kedepan fungsi kehumasan di masing-masing OPD bisa berjalan,” ujar Sekda.

Menurut Sekda, saat ini keterbukaan informasi publik sangat diperlukan terlebih rasa ingin tahu masyarakat terhadap kegiatan pemerintahan sangat tinggi. Sehingga masing-masing OPD diminta agar bisa aktif mengabarkan kegiatannya melalui berbagai kanal informasi baik dalam bentuk foto dan video.

Selain Setda dan Dinkominfo, saya lihat OPD lain masih minim dalam publikasi kegiatan dalam media sosial. Dengan adanya workshop ini saya harap nantinya para peserta bisa menjadi petugas kehumasan di OPD nya yang aktif mengirim atau mengunggah kegiatannya dalam website resmi OPD terkait maupun media sosial,” lanjut Sekda.

Sementara itu, Kasubbag Palayanan Informasi dan Dokumentasi pada Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Blora, Sri Sudiyarningsih, SE, menyampaikan bahwa workshop kali ini merupakan tahap awal untuk pelatihan fotografi dan videografi.

Setelah workshop, sesuai arahan Pak Sekda, nanti seluruh peserta akan kita buatkan SK Petugas Kehumasan yang akan mewakili setiap OPD masing-masing. Jadi kedepan mereka akan menjadi mitra kehumasan, dan workshop seperti ini akan berlanjut ke jenjang yang lebih mendalam dengan peserta yang sama,” jelas Sri Sudiyarningsih, SE.

Tidak hanya mendapatkan materi, selama workshop, seluruh peserta juga diajari langsung, yakni praktek memotret dan membuat video bersama kedua narasumber. Salah satunya hunting foto bersama di acara Dekranasda Expo 2019 yang hari ini digelar di Alun-alun Blora.

Nikmah Diana, salah satu peserta workshop perwakilan dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Blora, merasa senang bisa mengikuti workshop ini.

Setelah mengikuti pelatihan, akhirnya saya paham bahwa hal hal sepele yang biasa kita lakukan seperti membuat video story whatsapp dengan handphone itu bisa dipelajari agar hasilnya lebih bagus. Terlebih jika bisa mendokumentasikan untuk kegiatan kantor, hasilnya bisa menarik,” ungkapnya.

Dirinya berharap kedepan bisa mengikuti kegiatan workshop lanjutan agar bisa memperoleh pengetahuan yang lebih tentang fotografi dan videografi untuk menunjang kegiatan kehumasan OPD. (Tim Berita Humas Protokol Setda Blora)

Terima kasih karena telah membaca informasi tentang SEKDA APRESIASI WORKSHOP FOTOGRAFI DAN VIDEOGRAFI BAGI OPD KABUPATEN BLORA . Silahkan membaca berita lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel