-->

Dari 206.852 Peminat, 16.666 Siswa Dinyatakan Lulus Seleksi PMDK di 42 Politeknik Negeri

Ini adalah berita terbaru dan menarik dengan judul Dari 206.852 Peminat, 16.666 Siswa Dinyatakan Lulus Seleksi PMDK di 42 Politeknik Negeri. Silahkan baca dan menyimak artikelnya.
Menristekdikti M. Nasir mengumumkan hasil seleksi PMDK-PN, di kantor Kemenristekdikti, Jakarta, Rabu (16/4). (Foto: Humas Kemenristekdikti).

Menristekdikti M. Nasir mengumumkan hasil seleksi PMDK-PN, di kantor Kemenristekdikti, Jakarta, Rabu (16/4). (Foto: Humas Kemenristekdikti).

Menteri Riset, Teknologi, dan pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengumumkan sebanyak 16.666 siswa lulus seleksi Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK-PN), dan diterima di 42 politeknik negeri di seluruh Indonesia.  Nama-nama siswa yang lulus seleksi ini dapat dlihat melalui web: htttp://pmdk.politeknik.or.id.

“Siswa yang lulus tersebut berasal dari 206.852 siswa yang mendaftar dari 8.421 sekolah asal,” kata M. Nasir pada Konferensi Pers Pengumuman Hasil PMDK-PN 2019 di Politeknik Negeri Semarang, Selasa (16/4) lalu.

Menurut Menristekdikti, angka pendaftar PMDK-PN tahun ini naik sebesar 13% dari tahun lalu, yakni dari 183.827 siswa menjadi 206.852 siswa. Hal ini menunjukkan bahwa siswa yang berminat untuk studi lanjut di politeknik naik secara signifikan. Bahkan di beberapa politeknik, ada kenaikan pendaftar mencapai hampir 30%.

Politeknik juga menjaring calon mahasiswa dari kalangan dengan ekonomi terbatas. Kemenristekdikti telah menyiapkan beasiswa Bidikmisi bagi 10.000 calon mahasiswa politeknik yang lolos seleksi melalui jalur PMDK-PN dan UMPN (Ujian Masuk Politeknik Negeri).

Menteri Nasir menjelaskan bahwa kenaikan animo siswa untuk mendaftar di politeknik menunjukkan bahwa baik siswa dan orang tua siswa sudah teredukasi dengan baik tentang politeknik. Politeknik bukan lagi menjadi pilihan kedua, namun menjadi perguruan tinggi pilihan untuk menjadi lulusan terampil dan berkompetensi.

“Diharapkan kita bisa meningkatkan fasilitas yang ada di politeknik. Pemerintah ingin mendorong penyiapan tenaga kerja profesional, apa yang sudah dilakukan di tahun 2018 dan 2017 ternyata mengalami kemajuan yang luar biasa di politeknik yaitu dengan cara mendapatkan sertifikat kompetensi,” tutur Nasir.

Menristekdikti menyampaikan nantinya Kemenristekdikti akan mengintegrasikan seleksi masuk politeknik dengan jalur SNMPTN maupun SBMPTN, untuk menjaring mahasiswa yang berkualitas sesuai dari kompetensinya masing-masing.

Via Web

Sementara itu Ketua Forum Direktur, Rachmad Imbang Tritjahjono menyampaikan, akses pengumuman hasil PMDK PN 2019 dapat dilihat melalui laman resmi: http://pmdk.politeknik.or.id.

“Peserta dapat melihat hasil pengumuman dengan cara memasukan nomor pendaftaran. Akan ada informasi bahwa yang bersangkutan diterima, menjadi cadangan, atau belum lolos,” jelas Imbang.

Ditambahkan Ketua Forum Direktur itu, peserta yang dinyatakan tidak lolos PMDK-PN dapat masuk ke Politeknik Negeri melalui jalur Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN) yang akan dibuka pada tanggal 20 Mei secara serentak di semua politeknik negeri, di luar jalur mandiri yang ditawarkan.

Turut hadir juga pada acara ini Sekretaris Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek Dikti Agus Indarjo, Direktur Politeknik Negeri Semarang Supriyadi, Ketua Umum PMDK-PN Zainal Nur Arifin dan para Direktur Politeknik Negeri seluruh Indonesia. (Humas Kemenristekdikti/ES)


Terima kasih karena telah membaca informasi tentang Dari 206.852 Peminat, 16.666 Siswa Dinyatakan Lulus Seleksi PMDK di 42 Politeknik Negeri . Silahkan membaca berita lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel