-->

BUPATI TOLITOLI MEMBUKA MUSRENBANG RKPD KABUPATEN TOLITOLI TAHUN 2020

Ini adalah berita terbaru dan menarik dengan judul BUPATI TOLITOLI MEMBUKA MUSRENBANG RKPD KABUPATEN TOLITOLI TAHUN 2020. Silahkan baca dan menyimak artikelnya.
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tolitoli melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2020. Acara yang berlangsung di Gedung Labong Boki Tolitoli, Rabu (20/3) itu, dibuka oleh Bupati Tolitoli, Hi Moh Saleh Bantilan SH MH, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Daerah Pemilihan Sulawesi Tengah, Andi Supratman Andi Agtas SH MH, Pelaksana Tugas Kepala Bappeda Provinsi Sulawesi Tengah, Kepala Bappeda Kabupaten Tolitoli, Pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tolitoli, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Para Kepala Perangkat Daerah, Pimpinan Instansi Vertikal, BUMN/BUMD, Ketua Dewan Adat, Para Pejabat di lingkungan Sekretariat Daerah, para Camat, Lurah dan Kepala Desa se-Kabupaten Tolitoli.
Sekretaris Bappeda Kabupaten Tolitoli, Halimah Setyoningrum SE, selaku Ketua Panitia dalam laporannya mengatakan, Musrenbang RKPD tahun 2020 ini bertujuan untuk mendapatkan masukan guna penyempurnaan rancangan awal RKPD yang memuat prioritas pembangunan daerah, pagu indikatif pendanaan berdasarkan fungsi Perangkat Daerah, termasuk menyepakati permasalahan pembangunan daerah, menyepakati prioritas pembangunan daerah, menyepakati program kegiatan indikator dan target kinerja serta lokasi, penyelarasan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan Provinsi serta mengklarifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan daerah kabupaten dengan program dan kegiatan desa yang diusulkan berdasarkan hasil Musrenbang Kecamatan.
Saat memberikan sambutannya Bupati Hi Moh Saleh Bantilan  mengatakan, Perencanaan Pembangunan Daerah bertujuan untuk mewujudkan pembangunan daerah dalam rangka peningkatan dan pemerataan pendapatan masyarakat, kesempatan kerja, lapangan usaha, meningkatkan akses dan kualitas pelayanan publik dan daya saing daerah. RKPD Kabupaten Tolitoli tahun 2020 disusun dengan mendasari hasil kinerja pembangunan yang dicapai pada tahun sebelumnya, permasalahan dan isu strategis yang akan dihadapi pada tahun pelaksanaan dengan memperhatikan arah kebijakan pembangunan Nasional dan kebijakan pembangunan Provinsi Sulawesi Tengah serta mempertimbangkan sinergitas antar sektor dan antar wilayah.
Pada kesempatan itu Bupati juga meminta, sebagaimana yang tertuang dalam rancangan RKPD Kabupaten Tolitoli penyusunan rencana kerja Perangkat Daerah diharapkan memperhatikan program dan kegiatan prioritas yang diusulkan melalui kegiatan Musrenbang Desa dan Kecamatan.
Menurut Bupati, untuk memfokuskan capaian dan sasaran yang ingin dicapai pada tahun 2020, Pemerintah Daerah memprioritaskan pada Tujuh Pembangunan Daerah yakni, Penanggulangan kemiskinan dan peningkatan pendapatan masyarakat;  Peningkatan sarana dan prasarana pendidikan pada semua tingkatan serta pemenuhan tenaga pendidik di wilayah kecamatan; Peningkatan sarana dan prasarana kesehatan serta pemerataan distribusi tenaga kesehatan di wilayah kecamatan; Optimalisasi pelayanan publik dan menguatkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih;  Peningkatan penyediaan sarana dan prasarana infrastruktur pertanian perikanan; Peningkatan kualitas infrastruktur irigasi jalan dan jembatan dan fasilitas umum lainnya; serta peningkatan sarana dan prasarana pulau-pulau kecil, terpencil dan terdepan.
Prioritas pembangunan tersebut bertujuan untuk meminimalisir  permasalahan baik di bidang ekonomi, sosial dan infrastruktur serta memperhatikan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat dengan tetap memperhatikan nilai dan budaya masyarakat setempat. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan adanya sinergi antara kebijakan Pemerintah Kabupaten, Provinsi dan Nasional serta kerjasama yang saling menguntungkan dengan pihak swasta, pungkasnya.
Di akhir sambutannya, orang nomor satu di Kabupaten Tolitoli itu menegaskan kepada seluruh Pimpinan Perangkat Daerah untuk lebih memprioritaskan program-program yang pro rakyat yang sesuai dengan visi dan misi yang telah ditetapkan guna mencapai masyarakat Kabupaten Tolitoli yang sejahtera, berkeadilan, dan religius. Musrenbang RKPD kali ini mengambil Tema "Peningkatan Daya Saing Daerah Berbasis Pembangunan Ekonomi Kewilayahan, Sumber Daya Manusia yang Religius, Berkarakter Aktif dan Berkeadilan".
Reporter: FITHRIYANI DG. PAREBBA
Foto       : HERMAN TODING, S.Sos
Editor    : AULIA, S.IP

Terima kasih karena telah membaca informasi tentang BUPATI TOLITOLI MEMBUKA MUSRENBANG RKPD KABUPATEN TOLITOLI TAHUN 2020 . Silahkan membaca berita lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel