-->

Tumpukan Sampah Nodai Adipura Berau

Tumpukan sampah di jalan poros tanjung redeb-talisayan.

Tanjung Redeb, Berau 16 Januari 2019. Tumpukan sampah di pinggir jalan poros Tanjung Redep - Talisayan, sangat memprihatinkan. Tumpukan sampah ini berada di wilayah kecamatan Talisayan, tidak jauh dari perbatasan kecamatan Biatan.
Selain mencemari lingkungan dan mengganggu pemandangan, fenomena ini juga sangat mengganggu pengguna jalan. Pasalnya bau tidak sedap yang ditimbulkannya tercium setiap kali melewati jalan ini.
"Setiap lewat sini saya pasti tutup hidung, bau sekali." ungkap salah seorang pengguna jalan yang akrab disapa Kendacong itu.
Belum diketahui pasti, apakah lokasi ini merupakan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) wilayah tersebut atau bukan. Yang jelas lokasi ini kemudian menjadi tempat tujuan masyarakat membuang sampah.

"Satu tahun belakangan, tempat ini memang dijadikan lokasi membuang sampah mas. Mungkin ini TPA Kecamatan Talisayan tapi nda ada plangnya disekitar sini." terangnya.

Dari pantauan wartawan Informasi Daerah Kalimantan Timur (Inforda Kaltim) nampak ada upaya membakar sampah tersebut tapi dinilai masih belum maksimal.

Ungkapan senada juga disampaikan oleh tokoh mahasiswa kecamatan Biatan, saat diwawancarai disebuah warung kopi Biatan Lempake. Selasa 15/01/19 petang, pihaknya menyoroti fenomena ini.

Mereka juga mengungkapkan permasalahan sampah ini tidak hanya terjadi di Talisayan. "Nda cuma di Talisayan, Biatan malah lebih parah masyarakatnya ada yang membuang sampah di sungai. Tidak ada tempat membuang sampah di sini."

"Sudah waktunya pemerintah kecamatan dan pemda Berau memperhatikan sampah. Apalagi Berau baru saja menerima penghargaan Adipura, yang tentunya harus dipertahankan oleh seluruh wilayah Berau. Kebersihan lingkungan tentu menjadi indikator penghargaan ini." Terang mahasiswa Universitas Mulawarman Samarinda itu.

"Minimalnya harus menyediakan TPA di masing - masing kecamatan dan menyediakan Tempat Pembuangan Sementara (TPS) di masing - masing kampung. Sehingga masalah sampah ini bisa diminimalisir" pungkasnya (Ygs,16/1/19).
Terima kasih karena telah membaca informasi tentang Tumpukan Sampah Nodai Adipura Berau . Silahkan membaca berita lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel