-->

WADAN SATGAS : SUKU TOGUTIL MERUPAKAN KOMPONEN DAN ASET BANGSA

Ini adalah berita terbaru dan menarik dengan judul WADAN SATGAS : SUKU TOGUTIL MERUPAKAN KOMPONEN DAN ASET BANGSA . Silahkan baca dan menyimak artikelnya.
Weda (08/11), Wakil Komandan Satgas TMMD 103 Mayor Inf Sihono memberikan keterangan usai pelaksanaan bhakti sosial kepada suku togutil dalam yang berada di pedalaman hutan Halmahera Tengah.
Suko togutil merupakan suku yang masih mempertahankan tradisi leluhur dengan melakukan hidup yang menyatu dengan alam khususnya di rimba Halmahera yang masih tidak terjamah oleh kehidupan modern, keberadaan suku togulit layaknya suku baduy dalam maupun suku anak dalam maupun suku-suku lain di Nusantara perlu mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah maupun masyarakat luas  dengan cara bersama-sama turut menjaga keasrian dan kealamian hutan agar terhidar dari gerusan ketamakan ekspolitasi hutan secara berlebihan, mungkin bagi sebagian orang sungguh sangatlah naif untuk menolak kehidupan modern yang penuh dengan fasilitas yang memudahkan kehidupan, namun satu yang perlu kita sadari bahwa hal tersebut merupakan pilihan hidup mereka untuk tetap bersatu dengan alam dan mempertahankan tradisi leluhur. meskipun saat ini telah ada beberapa keluarga yang sudah mulai berbaur dengan masyarakat umum di beberapa pedesaan.
Selain itu apabila ditijau dari segi pertahanan dan keamanan Negara, eksistensi suku togutil memiliki peranan strategis dimana Negara kita menganut sistem pertahanan rakyat semesta (Sishankamrata) sehingga keberadaan suku tersebut yang lebih dekat dan terbiasa hidup berdampingan dengan alam sehingga akan memiliki kemampuan khusus dalam survival dan mengenal karakteristik alam sehingga kita perlu bina untuk menjadi potensi pertahanan, untuk itu dalam kegiatan TMMD ini kita laksanakan bhakti sosial pemberian bantuan kepada suku togutil baik yang telah berbaur dengan masyarakat maupun yang masih mendiami pedalaman hutan Halmahera. (Penrem 152)
Terima kasih karena telah membaca informasi tentang WADAN SATGAS : SUKU TOGUTIL MERUPAKAN KOMPONEN DAN ASET BANGSA . Silahkan membaca berita lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel