BPBD Ambon Gelar Apel siaga Di Korem 151 Binaiya

Ini adalah berita terbaru dan menarik dengan judul BPBD Ambon Gelar Apel siaga Di Korem 151 Binaiya. Silahkan baca dan menyimak artikelnya.

Ambon, CM- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon melaksanakan apel siaga dan bersih Sungai gerakan pengurangan risiko bencana yang berlangsung di lapangan upacara Korem 151 binaiya, Jumat (9/11).

Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy mengatakan, pihaknya menyambut baik dan bernilai positif atas diselenggarakannya kegiatan apel siaga dan bersi Sungai gerakan pengurangan risiko bencana.

“Acara ini Tentunya diselenggarakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pelestarian sungai dan meningkatkan kewaspadaan masyarakat akan ancaman bencana terutama bencana banjir,” ujarnya. Dia menjelaskan, sungai-sungai di Kota Ambon masih perlu ditingkatkan kebersihannya meskipun sudah mulai terlihat kesadaran masyarakat akan kebersihan sungai di mana pada sebagian Sungai masih terlihat tumpukan sampah, padahal sungai adalah alam yang sangat berguna bagi manusia.

“Peran sungai sangat vital karena Smash sebagai suplai air, sungai dapat menanggulangi banjir, sungai dapat menanggulangi kekeringan, kesehatan ekosistem, jalur hijau pendidikan dan sangat penting untuk mengembalikan kesadaran masyarakat mengenai pelestarian sungai,” tuturnya.

Dia mengakui, pelaksanaan apel siaga dan bersih sungai merupakan puncak gerakan pengurangan resiko bencana Sekolah Sungai yang telah dilaksanakan sejak tanggal 8 sampai tanggal 10 Oktober lalu yang diikuti oleh 50 peserta yangterdiri dari komunitas peduli sungai dan masyarakat di sepanjang Sungai Batu Gajah serta berbagai komunitas peduli lingkungan di Kota Ambon.

“Gerakan pengurangan risiko bencana sekolah sungai merupakan sebuah proses pemberdayaan komunitas yang berfokus pada kegiatan partisipatif sebagai upaya untuk mewujudkan komunitas yang mampu mengelola lingkungan dan mengurangi resiko bencana serta meningkatkan kualitas hidup,” tandasnya.

Sementara itu sekretaris BPBD Kota Ambon Eva Tuhumury menambahkan, gerakan pengurangan risiko bencana menuju Indonesia yang tangguh berkelanjutan dan sejahtera menjadi bagian dari komitmen politik untuk melaksanakan revolusi karakter bangsa yang salah satunya dengan menciptakan budaya aman.

“Gerakan ini akan berinvestasi pada sumber daya manusia melalui peningkatan kesadaran dan mobilisasi massa untuk meningkatkan manajemen risiko bencana,” ucapnya.(CM/09).


Terima kasih karena telah membaca informasi tentang BPBD Ambon Gelar Apel siaga Di Korem 151 Binaiya . Silahkan membaca berita lainnya.
BPBD Ambon Gelar Apel siaga Di Korem 151 Binaiya BPBD Ambon Gelar Apel siaga Di Korem 151 Binaiya Reviewed by Admin Web on November 09, 2018 Rating: 5

Info Terbaru

Loading...
Powered by Blogger.