-->

Nasabah Bank di Bali Terhantui, Kejahatan Skiming Kian Menjadi



Denpasar Bali,Sekilasmedia.com
Belum genap satu bulan, kejahatan pencurian data nasabah (skiming) kembali terjadi. Kejahatan ini membuat sejumlah nasabah Bank di Bali merasa kekhawatir dan terhantui dengan ulah oknum tak bertanggung jawab itu.

Menyikapi hal tersebut, tim gabungan dari Polda Bali langsung bergerak,  dan kembali menangkap seorang warga asal Bulgaria, Tsvetanov Radoslav Ivanov. Yang diketahui melakukan skimming dengan menggunakan perangkat alat kamera tersembunyi yang diletakan di ATM Bank Mandiri, Kabupaten Gianyar.

"Penangkapan tersangka berkat adanya laporan dari pihak perbankan yang melihat ada penarikan secara tidak wajar di Wilayah Gianyar," kata Wadir Krimsus Polda Bali AKBP Ruddi Setiawan, di Denpasar, Senin (20/8).

Tersangka yang sudah tinggal di Bali selama delapan bulan tersebut, ditangkap Tim Gabungan Unit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Bali bersama satuan CTOC Polda Bali pada 14 Agustus 2018, Pukul 02.30 Wita di ATM SPBU Pengosekan, Gianyar saat sedang melakukan skimming.

Penangkapan tersangka yang dipimpin Kanit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Bali, Kompol I Wayan Wisnawa Adi Putra itu mendapati sejumlah barang bukti dua buah kanopi warna gelap yang telah dimodifikasi berisi kamera tersembunyi, tas hitam yang di dalamnya berisi uang tunai puluhan juta.

"Modus pencurian data nasabah yang dilakukan pelaku dengan menggunakan alat perekam tersembunyi yang diletakkan di mesin ATM yang menjadi target pencurian data nasabah," ujarnya.

Petugas kemudian melakukan penggeledahan ke kamar kontrakan tersangka di Jalan Kerta Dalem Sari, yang ditemukan laptop, uang tunai Rp9,9 juta, hardisk eksternal, puluhan sim card, 113 kartu atm imitasi untuk mencuri nomor pin nasabah yang dipindahkan ke laptopnya.

"Untuk total kerugian akibat perbuatan tersangka masih di dalami dan rata-rata korbannya ada dari luar negeri dan dalam negeri," ujarnya.

Terkait keterkaitan tersangka dengan kasus pencurian data nasabah yang dilakukan warga Bulgaria sebelumnya, pihak kepolisian  masih di dalami kasus kelompok Bulgaria yang sebelumnya ditangkap.

Hingga saat ini sudah ada beberapa korban yang melaporkan ke polisi karena saldonya berkurang akibat perbuatan tersangka.(soni)
Terima kasih karena telah membaca informasi tentang Nasabah Bank di Bali Terhantui, Kejahatan Skiming Kian Menjadi . Silahkan membaca berita lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel