-->

Menteri Luar Negeri Iran Peringatkan AS untuk Tidak Ikut Campur dalam Mendukung Israel

Menteri Luar Negeri Iran Peringatkan AS untuk Tidak Ikut Campur dalam Mendukung Israel

TEHERAN, LELEMUKU.COm  – Menteri Luar Negeri Iran, Abbas Aragchi pada Rabu 2 Oktober 2024 memperingatkan Amerika Serikat agar tidak ikut campur mendukung sekutunya, Israel, pasca serangan roket yang terjadi pada 1 Oktober 2024 malam.

Dalam pernyataannya di televisi nasional, Aragchi menegaskan bahwa Teheran tidak berkomunikasi dengan Washington sebelum serangan roket yang dilancarkan ke Israel. 

"Sebelum serangan oleh pasukan Iran, tidak ada pertukaran pesan," ujar Aragchi.

Namun, setelah serangan tersebut, Iran menghubungi Amerika Serikat untuk menyampaikan peringatan tegas. 

"Kami telah memperingatkan pasukan Amerika agar tidak terlibat dalam situasi ini dan mundur. Jika mereka tetap campur tangan, mereka akan menghadapi respons serius dari pihak kami," tambah Aragchi. 

Menurutnya, pesan ini telah disampaikan melalui Kedutaan Besar Swiss di Teheran, yang berfungsi sebagai perantara komunikasi antara Iran dan Amerika Serikat.

Pernyataan ini muncul di tengah meningkatnya ketegangan antara Iran dan Israel, dengan Amerika Serikat sebagai sekutu dekat Israel yang telah berulang kali memberikan dukungan militer dan diplomatik dalam konflik Timur Tengah.

Hingga saat ini, baik pihak AS maupun Israel belum memberikan tanggapan resmi atas peringatan yang disampaikan oleh Iran. Ketegangan ini berpotensi memicu eskalasi lebih lanjut di kawasan Timur Tengah yang telah lama diwarnai konflik. (Albert Batlayeri)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel