-->

Marselino Mameyao Sebut Dinkes Mimika Fokus Cegah DBD

Marselino Mameyao Sebut Dinkes Mimika Fokus Cegah DBD

MIMIKA, LELEMUKU.COM - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mimika menangani 29 kasus Deman Berdarah Dengue (DBD) sejak Januari hingga Februari 2023, hampir semuanya sembuh, namun 1 orang anak dalam perawatan dinyatakan meninggal dunia akibat DBD.

Dilihat dari kasus DBD di Kabupaten Mimika yang cukup tinggi, maka Dinas Kesehatan telah mengambil tindakan untuk mencegah agar masyarakat tidak sampai terjangkit DBD.

Sekretaris Dinas Kesehatan Mimika, Marselino Mameyao, S.K.M., saat ditemui tim liputan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) di kantor Dinas Kesehatan, Gedung B Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika, Jumat, 17 Februari 2023, mengatakan, dengan meningkatnya kasus DBD saat ini, warga mengeluhkan banyaknya nyamuk di rumah.

"Akibat keluhan masyarakat soal banyaknya nyamuk, maka Kepala Dinas Kesehatan, Reynold R. Ubra, S.Si., M.Epid., sudah mengarahkan untuk segera dilakukan penyemprotan di setiap tempat, termasuk kompleks tempat tinggal warga," jelasnya.

Selain itu juga akan dibagikan kelambu pada tiap puskesmas dan pada warga. Hal ini dilakukan agar dapat mencegah gigitan nyamuk dan menekan peningkatan DBD pada warga.

Warga dapat melakukan pencegahan DBD secara mandiri dengan melakukan 3M plus, yakni menguras tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air dan mengubur barang bekas. Plus, memasang kasa nyamuk pada ventilasi rumah, menggunakan kelambu, menggunakan obat anti nyamuk, menanam tanaman pengusir nyamuk dan membersihkan saluran air yang tergenang. (DiskominfoMimika)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel