-->

Kunjungan DPD RI Ke Australia Kuatkan Kerja sama Beasiswa Pendidikan


BantenNet.com, JAKARTA  - Senator DPD RI Asal Aceh H. Fachrul Razi, MIP yang juga Pimpinan Komite I DPD RI melakukan kunjungan ke Australia bulan ini.

Kunjungan kerja dimaksud dalam rangka penyusunan draft RUU Percepatan Wilayah Tertinggal dan penguatan kerja sama beasiswa pendidikan di Australia dengan daerah-daerah di Indonesia.

Fachrul Razi yang juga Senator DPD RI Asal Aceh meminta Pemerintah Australia memperbesar proporsi kuota kerja sama mahasiswa daerah khususnya dari Aceh untuk melanjutkan Pendidikan di Australia.

“Saat ini di Aceh terdapat kampus negeri maupun swasta yang siap mengirimkan calon mahasiswanya untuk melanjutkan pendidikan master dan doktor di Australia,” jelas Fachrul Razi dalam siaran persnya kepada Media Nasional, Kamis (6/9/2018).

Pemerintah Indonesia telah membangun kerja sama Pemerintah Australia dalam rangka pendidikan perihal masalah kerangka pendidikan dalam menunjang pendidikan, pembiayaan pendidikan, pendidikan vokasi, keterkaitan pendidikan vokasi dengan industri, penelitian, komersialisasi hasil penelitian, peningkatan kerjasama penelitian, perjanjian kerjasama penelitian pendidikan tinggi dan pendidikan vokasi.

Sementara itu, Konsulat Jenderal (Konjen) RI di Sydney yang menyambut delegasi RI di Sydney langsung menggelar rapat bersama dalam rangka kunjungan DPD RI ke Australia.

Konjen RI Sydney yang baru menjabat enam bulan, Heru Hartanto Subolo langsung mengfasilitasi kedatangan delegasi DPD RI dan menggelar rapat pada siang harinya di ruang rapat KJRI Sydney (5/9/2018).

Rapat tersebut dihadiri para pejabat dari KJRI Sydney, dan delegasi DPD RI Komite I.

Dalam pertemuan tersebut, Heru Hartanto menjelaskan bahwa kerja sama dengan Pemerintah Australia telah dijalin sejak lama, namun membutuhkan dukungan DPD RI untuk memperkuat kerja sama dengan dukungan parlemen dan pemerintah Australia.


Beasiswa pendidikan yang ditawarkan antara lain kesempatan bagi para calon pemimpin dibidangnya untuk melakukan studi, penelitian dan pengembangan keprofesian di Australia.

Program beasiswa dari Pemerintah Australia ini diperuntukkan bagi semua warga negara Indonesia, termasuk di dalamnya Pegawai Negeri Sipil (PNS) pusat dan daerah serta kepada Non PNS di seluruh Indonesia.

Kerja sama ini fokus wilayah geografis antara lain Aceh, NTT, NTB, Papua, dan Papua Barat.

Senator Aceh Fachrul Razi dalam pertemuan dengan Konjen RI mengatakan bahwa di Aceh alumni Australia yang berasal dari Aceh banyak yang berhasil.
Namun dirinya meminta agar kuota penerimaan mahasiswanya di perbesar.

“Kami punya kampus Unsyiah, IAIN, Unimal, UTU, Unsam dan kampus swasta lainnya yang terkemuka di Aceh, kita berharap setiap tahun dari Aceh dapat meningkat,” demikian kata Fachrul Razi.

Wakil Ketua DPD RI, Achmad Muqowam sebagai pimpinan rombongan mengatakan bahwa perlu peningkatan kerja sama antara daerah provinsi di Indonesia dengan Australia.

“DPD RI akan mendorong kerja sama dengan perwakilan calon mahasiswa dari daerah provinsi lebih besar,” jelas Achmad Muqowam.

Kunjungan delegasi DPD RI di Sydney juga mengunjungi beberapa parlemen pemerintah New South Wales dan kantor pemerintah lainnya kunjungan ini akan berlangsung dari tanggal 2-8 september 2018.

> spyn/hms

Terima kasih karena telah membaca informasi tentang Kunjungan DPD RI Ke Australia Kuatkan Kerja sama Beasiswa Pendidikan . Silahkan membaca berita lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel