-->

Korea Selatan dan AS Gelar Latihan Militer Skala Besar


SEOUL, LELEMUKU.COM - Pasukan Korea Selatan dan Amerika, Kamis (15/6), melakukan latihan tempur bersama berskala besar di lapangan tembak garis depan di Korea Selatan. Ini yang terbaru dari rangkaian latihan militer yang diperluas antara kedua negara dalam menanggapi ancaman nuklir Korea Utara yang meningkat.

Latihan yang disaksikan Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol itu mensimulasikan gabungan serangan udara dan artileri pada sasaran musuh, kata kantor Yoon dalam pernyataan. Ini latihan putaran kelima dan terakhir dari latihan bersama Korea Selatan-Amerika, yang dimulai bulan lalu dan merupakan yang terbesar sejak latihan perdana mereka pada 1977.

Masing-masing dari lima putaran latihan tahun ini melibatkan 2.500 tentara dari Korea Selatan dan Amerika dan sekitar 610 aset militer mencakup jet tempur siluman, helikopter tempur, tank, dan drone, kata Kementerian Pertahanan Korea Selatan.

Korea Utara melakukan uji coba rudal balistik di lepas pantai timurnya pada Kamis, beberapa jam setelah pasukan Korea Selatan dan Amerika mengakhiri latihan hari itu di dekat perbatasan kedua Korea yang dijaga ketat. Peluncuran dilakukan setelah militer Korea Utara bertekad akan memberi tanggapan yang tidak ditentukan terhadap latihan Korea Selatan-Amerika.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan peluncuran itu terjadi Kamis malam. Ia tidak merinci lebih lanjut. Kementerian Pertahanan Jepang juga mengatakan mereka mendeteksi kemungkinan rudal balistik yang ditembakkan Korea Utara. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel