-->

Vladimir Makei Meninggal Dunia di Usia 64 Tahun


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Menteri Luar Negeri Belarus Vladimir Makei meninggal mendadak, Sabtu, 26 November 2022 waktu setempat. Makei meninggal dua hari sebelum dia rapat dengan mitranya dari Rusia.

“Menteri Luar Negeri Belarus Vladimir Makei sudah meninggal secara mendadak,” demikian diwartakan kantor berita Belta.

Makei, 64 tahun, menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Belarus sejak 2012. Pada awal pekan ini, Makei menghadiri konferensi Collective Security Treaty Organization (CSTO), yakni sebuah aliansi militer sejumlah negara bekas pecahan Uni Soviet. Konferensi itu digelar di Yerevan dan dalam kesempatan itu Makei bertemu dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov.  

Sebelum pemilu presiden dan unjuk rasa massal anti-pemerintah di Belarus pada 2020, Makei telah menjadi salah satu inisiator yang mengupayakan agar hubungan Belarus dengan negara-negara Barat meningkat dan mengkritik Rusia.

Akan tetapi Makei berubah pendirian setelah muncul gelombang unjuk rasa, yang menyebut para demonstran itu terinspirasi dari negara-negara Barat. Setelah terjadi invasi Ukraina pada Februari 2022 lalu, Makei mendukung agar hubungan Moskow dan Minsk semakin rapat. Dia juga menyebut negara-negara Barat telah memprovokasi perang dan otoritas Ukraina harusnya setuju dengan syarat damai yang diajukan Rusia.

Beberapa hari sebelum perang meletup, Makei berjanji tidak akan ada serangan ke Ukraina yang dilepaskan dari teritorial Belarus. Beberapa hari kemudian, janjinya tidak dapat ditepati karena tentara Rusia melakukan penyerangan ke Ukraina dari wilayah Belarus.  

“Kami kaget dengan kabar meninggalnya Kepala Kementerian Luar Negeri Belarus Vladimir Makei. Ucapan belasungkawa resmi akan segera dipublikasi,” kata Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova.(Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel