-->

Tuasikal : Peserta Pemilu Harus Konsisten Ciptakan Iklim Kondusif Di Malteng

Ini adalah berita terbaru dan menarik dengan judul Tuasikal : Peserta Pemilu Harus Konsisten Ciptakan Iklim Kondusif Di Malteng. Silahkan baca dan menyimak artikelnya.
Masohi,mollucastimes.com-Guna mempertegas sikap dan komitmen yang konsisten, maka seluruh peserta dan kontestan pemilu 2019, harus  menciptakan iklim kondusif untuk mewujudkan proses dan tahapan pemilu yang aman.

Hal ini ditegaskan Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua, SH dalam kegiatan Gerakan Sadar Pemilu dan Deklarasi Kampanye Damai Pemilu tahun 2019 yang dilaksanakan oleh KPUD Maluku Tengah, Minggu 28/10/18.

"Gerakan Sadar Pemilu dan Deklarasi Kampanye Damai Pemilu tahun 2019 ini  bukan formalitas atau kegiatan seremonial semata, tetapi bagaimana sikap para kontestan yang memiliki komitmen menciptakan iklim yang kondusif sehingga perhelatan lima tahunan ini dapat berjalan dengan baik sesuai harapan bersama," jelas Tuasikal.

Dikatakan hidup berbangsa dan bernegara pasca reformasi 1998  banyak mengalami perubahan yang dihasilkan dalam sistem penyelanggaraan negara termasuk penyelenggaraan pemilu maupun pilkada yang langsung, bebas, demokratis, jujur dan adil.

"Hal ini di maksudkan agar masyarakat bisa menggunakan hak pilih dan hak politiknya secara bebas untuk memilih dan menentukan pemimpin yang sesuai nurani masing-masing. Karenanya masyarakat harus  cerdas dalam berkomitmen untuk mematangkan sistim demokrasi ditengah hidup bermasyarakat dan bernegara," tambahnya.

Menurutnya, kegiatan seperti ini harus dimaknai sebagai pembelajaran politik bagi konstituen agar masyarakat semakin maju dan cerdas.

Dirinya berharap kegiatan Gerakan Sadar Pemilu dan Deklarasi Kampanye  Damai ini menjadi sarana pemantapan tekad, komitmen seluruh pesereta pemilu, parpol, caleg, tim kampanye, maupun elemen masyarakat  khususnya di Maluku Tengah untuk  menciptakan Pemilu yang damai sesuai dengan prinsip demokrasi yang santun dan rasional tanpa penyebaran berita hoax, perlakuan kampanye hitam, politisasi suku maupun agama, ras atau antar golongan bahkan  politik uang.

Dengan sorotan tema "Indonesia Menolak Hoax, Politisasi Sara dan Politik Uang", kegiatan Sadar Pemilu dibarengi dengan  jalan santai di depan Baileo Patung Ir. Sokarno jalan Pattimura Masohi yang melibatkan semua kandidat Caleg DPRD Maluku Tengah maupun unsur pimpinan Partai Politik dan masyarakat juga ketua KPUD Provinsi Maluku, Anggota Bawaslu Maluku Tengah, Pimpinan dan Anggota KPUD Maluku Tengah, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), maupun para pimpinan OPD lingkup Pemda Maluku Tengah. (MT-MHS)


Terima kasih karena telah membaca informasi tentang Tuasikal : Peserta Pemilu Harus Konsisten Ciptakan Iklim Kondusif Di Malteng . Silahkan membaca berita lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel