-->

Ciptakan Lingkungan Bersih, Babinsa Yosowilangun Kidul Dampingi Petugas Kesehatan Dalam Kegiatan Kamling ODF.



Lumajang ( sekilasmedia com) Dalam upaya menciptakan pola hidup sehat dan membuat lngkungan menjadi bersih, Babinsa Yosowilangun Kidul Koramil 0821/11 Yosowilangun bersama dengan petugas dari kecamatan dan Babinkamtibmas menggelar kegiatan kamling ODF (Open Deferecation Free) yang dilaksanakan di wilayah desa Yosowilangun Kidul kecamatan Yosowilangun kabupaten Lumajang, Jum`at (24/8/2018)


Kegiatan yang dilaksanakan tersebut dengan menyisir aliran sungai dan saluran irigasi di wilayah desa Yosowilangun Kidul yang masih banyak ditemukan masyarakat setempat masih melakukan BAB disembarang tempat (open defecation) dialiran sungai yang merupakan perilaku tidak mencerminkan hidup sehat baik bagi diri sendiri maupun bagi lingkungan.


Kepala Puskesmas Yosowilangun Ahmad Kamidun, S.Kep. Ners yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan, bahwa kamling ODF (Open Defecation Free)  ini memang harus di galakkan karena sangat penting dalam menunjang kesehatan lingkungan, dengan tidak membuang hajat disembarang tempat khususnya dibantaran sungai lingkungan akan terhindar dari pencemaran, sehingga dapat membuat lingkungan menjadi bersih dan sehat, ungkapnya.


”Bersama dengan tiga pilar yang ada di desa kita akan berupaya memberikan pemahaman dan kesadaran kepada seluruh lapisan masyarakat untuk menciptakan lingkungan bersih dengan tidak BAB disembarang tempat karena kotoran manusia mengandung puluhan miliar mikroba, termasuk bakteri koli-tinja, sebagian diantaranya tergolong sebagai mikroba patogen, seperti bakteri penyebab demam tifus, bakteri penyebab kolera, virus penyebab hepatitis A, dan virus penyebab polio karena tingkat penyakit akibat kondisi sanitasi yang buruk dilingkungan masyarakat masih sangat tinggi”, jelas Ahmad.


Hal tersebut ditambahkan oleh Kepala desa Yosowilangun Kidul H. Zainul Anwar yang kebetulan desanya menjadi sasaran ODF kali ini, sebagaian warga disini memang masih ada saja yang masih membuang hajat dibantaran sungai, akan tetapi masih ada saja yang masih tidak menghiraukan himbauan kami tersebut, sehingga dengan adanya kegiatan kamling ODF ini dari Puskesmas, Babinsa dan Babinkamtibmas Yosowilangun Kidul mudah-mudahan bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam memperhatikan kesehatan dan kebersihan lingkungan guna menciptakan pola hidup sehat, ungkapnya singkat.


Sementara Serka Supandi Babinsa Yosowilangun Kidul Koramil 0821/11 Yosowilangun dalam kesempatan tersebut mengatakan, bersama dengan pemerintah desa dan tiga pilar kami akan berupaya untuk menghimbau dan mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tidak lagi membuang hajat disembarang tempat yang tentunya dapat mencemari lingkungan sehingga menjadi kotor dan menyebabkan berbagai penyakit yang dapat menyerang setiap saat, ujarnya.


”Bahwa kesadaran masyarakat dalam menjaga kesehatan diri dan lingkungan memang sangatlah penting, lingkungan yang bersih juga akan mendukung tercapainya pola hidup sehat, hilangkan kebiasaan buruk tersebut  karena dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”, Serka Supandi.tuturnya (LKT)



Terima kasih karena telah membaca informasi tentang Ciptakan Lingkungan Bersih, Babinsa Yosowilangun Kidul Dampingi Petugas Kesehatan Dalam Kegiatan Kamling ODF. . Silahkan membaca berita lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel