Kota Kupang Tuan Rumah Rakor Komda Lansia se Daratan Timor

Selamat datang di Kalwedo.com, silahkan membaca berita yang berjudul Kota Kupang Tuan Rumah Rakor Komda Lansia se Daratan Timor. Berita ini dipublikasikan pada July 22, 2019 at 11:30AM.
KUPANG, LELEMUKU.COM - Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi tuan rumah dari kegiatan Rapat Koordinasi Penguatan Kelembagaan Kesekretariatan Komisi Daerah Lanjut Usia (Komda Lansia) Tingkat Kabupaten Se­-Daratan Timor dan Rote Ndao Tahun 2019. Pembukaan Rakor dilaksanakan di Nelayan Resto, Jl. Timor Raya, Kota Kupang, Rabu (17/07/2019).

Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari yakni tanggal 17 sd 19 Juli 2019. Hadir Wakil Wali Kota Kupang dr. Hermanus Man didampingi oleh Pj. Sekda Kota Kupang Ir. Elvianus Wairata, M.Si, Asisten Pemerintahan Sekda Kota Kupang Drs. Yoseph Rera Beka, Plt. Asisten Administrasi Umum Ir. Eduard John Pelt, Kadis Perikanan dan Kelautan Orson G. Nawa, SH dan Camat Oebobo Matheos Maahury, SE serta Camat Kota Raja Rudi Abubakar serta Asisten  Administrasi Umum Setda Provinsi NTT Kosmas D. Lana dan Kepala Dinas Sosial Provinsi NTT Drs Wilem Foni.

Dalam laporannya, Sekretaris Komda Lansia Provinsi NTT, Drs. Vincentius S. Medi Sera, M.Si mengatakan “Pembangunan yang telah dilakukan oleh negara Republik Indonesia telah menghasilkan masyarakat lansia yang semakin baik dari tahun ke tahun. Hal ini ditandai dengan semakin bertambahnya usia harapan hidup dari masyarakat Indonesia, secara Nasional 72 tahun."

Di NTT usia harapan hidup masyarakat adalah 68 tahun. Populasi lansia pada penduduk Indonesia tahun 1990  sebanyak 12,7 juta jiwa, pada tahun 2000 bertambah menjadi 14,4 juta jiwa atau naik 7,65%, pada tahun 2010 bertambah menjadi 18,1 juta jiwa atau naik 25,7% dan diperkirakan akan terus bertambah menjadi 28,8 juta jiwa pada tahun 2020.

Sera menyatakan di Provinsi NTT, jumlah lansia pada rahun 2010 sebanyak 349,6 ribu jiwa, tahun 2013 sebanyak 366,4 ribu jiwa atau naik 4,79%, tahun 2014 sebanyak 372,5 ribu jiwa atau naik 6,55%, tahun 2015 sebanyak 385,2 ribu jiwa atau naik 10,16% dan tahun 2016 sebanyak 396,1 ribu jiwa atau naik 13,28% serta tahun 2017 sebanyak 408,3 ribu jiwa atau naik 16,77%,. Oleh karena itu dikatakan Wakil Gubernur NTT selaku Ketua Komda Lansia NTT mendukung penuh kegiatan lansia tahun 2019 ini sebagai salah satu upaya untuk pemberdayaan lansia di NTT.

"Tujuan Rakor yaitu menyamakan persepsi tentang keberadaan komda lansia  di NTT dan Kabupaten/Kota, memberikan sosialisasi dan edukasi tentang Komda lansia, memperkuat kelembagaan sekertariat Komda di  tingkat Kabupaten/Kota, menjalin kerjasama dengan para pihak yang berguna bagi para lansia dan meningkatkan peran serta dari anggota komda lansia tingkat Kabupaten/Kota. Anggota Komda sedaratan Timor dan Rote Ndao yang hadir berjumlah 40 orang,” ujar dia.

Wakil Wali Kota Kupang, selaku Ketua Komda Lansia Kota Kupang,  didelegasikan memberi sambutan dan sekaligus membuka kegiatan. Wakil Wali Kota Kupang mengucapkan selamat datang kepada peserta rakor.

“Berbicara tentang lansia merupakan suatu masalah sosial yang aktual, karena umur harapan hidup  lanjut usia semakin panjang. Bahkan di Bandung kemarin, saat puncak acara lansia Nasional, ada wacana untuk merubah undang-undang lansia. Yang sekarang itu umur 60 tahun sudah dianggap lansia, namun karena umur harapan hidup yang semakin tinggi maka standar usia lansia mau diubah ke usia 65 tahun,” ujar dia.

“Bapak ibu dan saudara, jangan lupa bahwa semua yang lansia itu adalah orang-orang generasi pendahulu yang sudah atau telah berbuat sangat banyak. Selain itu, lansia juga memiliki pengalaman yang sangat banyak dan pengalaman itu bukan dari pendidikan, namun karena umur arau usia sehingga bisa memiliki pengalaman yang sangat berharga dan sangat baik untuk diberdayakan” sambung Wakil Wali Kota.

Ia menyatakan lansia juga perlu untuk sering bertemu sehingga pihaknya mengusulkan melalui Rakor ini dibuat acara tetap sehingga para lansia bisa sering bertemu.

"Kami di Kota Kupang, memiliki ajang antar lansia untuk sering bertemu. Di arena Car Free Day (CFD)  tiap Sabtu lansia sering bertemu dan ikut senam jantung sehat, juga kami ada program lansia disetiap Puskesmas. Atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Kupang saya memberikan apresiasi pada Komda NTT  atas penunjukan Kota Kupang  tahun ini sebagai  tuan rumah,” ungkap Wakil Wali Kota. (HumasKotaKupang)


Terima kasih karena telah membaca berita yang berjudul Kota Kupang Tuan Rumah Rakor Komda Lansia se Daratan Timor . Silahkan baca berita lainnya di Kalwedo.com dan silahkan pula membagikan berita tentang Kota Kupang Tuan Rumah Rakor Komda Lansia se Daratan Timor ke rekan-rekan yang lain di Facebook, Twitter, Google Plus atau Whatsapp.
Kota Kupang Tuan Rumah Rakor Komda Lansia se Daratan Timor Kota Kupang Tuan Rumah Rakor Komda Lansia se Daratan Timor Reviewed by Unknown on Monday, July 22, 2019 Rating: 5

No comments:

loading...
Powered by Blogger.